|

Kawasan Agropolitan Cianjur


Agropolitan adalah proyek percontohan yang tengah dikembangkan Departemen Pertanian dengan tujuan untuk mewujudkan suatu kota yang bernuansa pedesaan. Saat ini kawasan agropolitan yang terbilang sukses pelaksanaannya adalah di segi tiga Agropolitan Kecamatan Pacet – Kecamatan Sukaresmi dan Desa Sindang Jaya dan didukung oleh buffer zone Cugenang dan Sukaresmi. Jaraknya kurang lebih 22 km dari Kota Cianjur, 108 km dari Kota Jakarta, dan sekitar 87 km dari Kota Bandung.Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.
Kawasan Agropolitan Cianjur merupakan objek wisata agro hasil pengembangan dari beberapa komoditas pertanian (sayuran) dan perkebunan (teh). Terdapat lebih dari 100 macam sayuran termasuk sayuran eksotis atau yang berasal dari luar negeri seperti gingseng, bit,red redish , dan horinso . Semua ditanam di atas lahan 860 hektar, yang tiap hektarnya bisa menghasilkan 8-10 ton sayuran sekali produksi. Sayuran dikemas untuk memenuhi pesanan supermarket yang ada di Bandung, Jakarta, Batam, dan Singapura. Selain keragaman sayuran, kawasan ini juga merupakan tempat Perkebunan Teh Gedeh dengan produksi yang dilakukan secara modern dengan tetap mempertahankan keasrian dan keaslian alamnya.
Kawasan Agropolitan Cianjur ini dilengkapi dengan bumi perkemahan dan fasilitas akomodasi. Wisatawan dapat melakukan kegiatan tea walk serta mengikuti dan mengamati beragam kegiatan agro. Kawasan ini sering dikunjungi wisatawan dari negara asing seperti Jepang, Cina, Thailand yang ingin mendapatkan informasi dan menimba ilmu mengenai kesuksesan agropolitan ini. Selain itu, kalangan mahasiswa yang akan mengadakan penelitian tentang tanaman pangan pun sering berkunjung ke tempat ini untuk bertukar pengalaman dengan para petani setempat.

Ayobai Desa Unknown on 07.35. Label . Anda Dapat Berlangganan Dengan Klik RSS 2.0. Berdiskusi dan Berkomentar Isi Form Di Bawah

Opini Publik

Berita Terkait