|

Jalan Desa Ciharashas diaspal PNPM

Foto : Website Desa

CIANJUR-Upaya pemerintah dalam program pemberdayaan masyarakat desa terus dilakukan. Salah satu diantaranya Pemberdayaan Masyarakat Desa malalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan di Kecamatan Cilaku Cianjur.

 Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK), PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Cilaku, Amas Mastur mengatakan,pemberdayaan masyarakat desa bertujuan meningkatkan kemampuan dan kemandirian pembangunan yang nantinya bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Sedangkan secara umum pencapaian kesejahteraan masyarakat menjadi prioritas utama dari mulai bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, sarana prasarana serta lainnya.
 “Artinya, pembangunan desa merupakan tuntutan masyarakat sendiri sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Termasuk pelaksanaan pembangunannya agar dilaksanakan, dimanfaatkan, dan dilestarikan sendiri oleh masyarakat sehingga pembangunan merupakan tanggungjawab bersama, katanya, Senin (2/4).
 Menurut dia, program PNPM Mandiri tahun 2011 lalu telah dilaksanakan dengan baik. Untuk alokasi anggaran tahun 2011 lalu mencapi kurang lebih Rp2,5 milyar. Jumlah itu, diperuntukan bagi pembangunan mck, jalan, sarana air bersih, irigasi, rabat beton, kegiatan ekonomi dan lainnya.“Untuk pelaksanaan PNPM Mandiri dilaksanakan di 10 desa sesuai dengan jumlah desa yang ada di Kecamatan Cilaku,” ujarnya.
 Dia menjelaskan, tahun 2012 ini alokasi dana PNPM Mandiri mencapai Rp1,45 milyar. Alokasi tersebut tidak jauh untuk kegiatan yang sama seperti tahun 2011 lalu. Selanjutnya, dari jumlah alokasi dana PNPM Mandiri ada dana simpan pinjam. Sementara dana simpan pinjam ada suplus 15 persen. Jumlah itu digunakan untuk kegiatan bakti sosial sunatan massal.
 ”Bakti sosial akan dilaksanakan hari ini Selasa 3/4 di sekretariatan UPK Cilaku Kampung Kebonkaung Desa Ciharashas,” paparnya.
Dia menerangkan, jumlah anak yang akan dikhitan sebanyak 30 orang. Mereka dari perwakilan 10 desa yang ada di Cilaku.
“Kami akan terus menjalankan program pemerintah sesuai dengan juklan dan juknis, dengan tujuan masyarakat bisa mandiri dan ekonomi meningkat,” imbuhnya. (den)

Ayobai Desa Unknown on 18.10. Label . Anda Dapat Berlangganan Dengan Klik RSS 2.0. Berdiskusi dan Berkomentar Isi Form Di Bawah

Opini Publik

Berita Terkait